Implikasi Pengasuhan Basis Fitrah di Sekolah Berasrama

Judul: Implikasi Pengasuhan Basis Fitrah di Sekolah Berasrama
Penulis: Irfan Paturahman, M.Pd
Ukuran: 18 ⨯ 25 CM
Kertas: HVS
Jumlah Halaman:
Harga:

Sinopsis

Dunia pendidikan di Indonesia yang selalu mendengungkan dalam pencapaian siswa dalam hal kognitif, efektif, dan psikomotorik, sedangkan kemampuan aspek fitrah yang merupakan pilar keempat seakan tidak pernah tersentuh, potensi fitrah yang dimaksud merupakan kemampuan dasar bawaan yang dimiliki setiap manusia sejak lahir dan berdampak signifikan terhadap keberhasilan proses pendidikan. Sehingga tujuan dalam penulisan buku ini untuk mengetahui pola kepengasuhan berbasis fitrah dapat meningkatkan kesadaran akan fitrah, mendeskripsikan faktor yang mendukung, dan menghambat pola kepengasuhan berbasis fitrah dan mendeskripsikan sejauh mana hasil kepengasuhan pola berbasis fitrah untuk membina mental disiplin di Pesantren. Maka bisa disimpulkan bahwa pola pengasuhan berbasis fitrah adalah pola asuh yang mendorong anak-anak untuk mandiri tetapi masih menetapkan batas-batas dan pengendalian atas tindakan-tindakan mereka. Faktor pendukung adalah panduan/materi serta penanaman nilai Islam yang diajarkan di pondok, yang menjadi penghambat yakni keberadaan faktor stimulus respon, faktor pengamalan ibadah santri, aspek SDM (sumber daya manusia). Hasil pola asuh yang dilaksanakan di pondok pesantren berbasis fitrah dapat diketahui adalah output berupa keimanan dan adab akhlak yang mulia.